Selasa, 26 Februari 2013

Pencapaian Gunung Rinjani 3726 Mdpl

Berawal dari ajakan temen yang mendadak untuk naik gunung dan tertuju kepada gunung rinjani. pendakian ini sangat mendadak karena temen yang ngajak secara tiba-tiba selain itu persiapan hanya 1 hari untuk logistik dan lain2,karena sangat optimis untuk ke gunung rinjani saya pun semangat untuk memperisapkanya mulai beli tiket bus yang tertuju naik safari dharma raya dengan ongkos 390rb dengan lama perjalanan 1 hari start nya dari solo kita berangkat.
Bus Safari Dharma Raya Solo-Mataram
      Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut itu diyakini sebagian masyarakat Lombok sebagai tempat bersemayam ratu jin bernama Dewi Anjani, putri raja Datu Tuan dari permaisurinya Dewi Mas, yang memerintah sebuah kerajaan kecil di Lombok.ternyata cerita legenda tersebut baru tahu di saat pendakian.
karena kosan saya di semarang jadi saya terlebih dahulu naik bus ke solo jam 3,saya pun berangkat hanya dengan temen saya 1 orang,setelah sampai solo itu sekitar jam 5 sore di terminal tirtonadi solo karena agennya deket terminal jadi jalan kaki sekitar 15 meter. pemberangkatan bus mulai jam 7 malam saya pun menunggu sekitar 1 jam lebih dari pada nganggur bengong di agen saya dan temen saya beli-beli barang dan makanan.bus pun datang jam 7 saya pun langsung bergegas untuk memasukan carier ke bus.perjalanan pun dimulai ke lombok dengan menempuh waktu 1 hari huft capech,hahahahha
         lama di bus saya pun tidur,3 kali berhenti di jatim dan bali dan itu untuk makan. karena keasyikan dijalan tidak terasa udah sampai jam 7an kota mataram yang merupakan ibukota NTB, setelah sampai dimataram terlihat sepi tok-toko udah tutup jam 7 jadi kalo anda ke kota mataram hati-hati ya soalnya rawan kejahatan. setelah diterminal mataram,eh ternyata angkutan atau bus hanya sampai jam 6 malam yang menuju aikmel. saya pun binggung dengan teman,hahahaha, yaudah karena lapar saya pun cari tempat makan terdekat, setelah makan disitu untungnya ada bapak-bapak yang merupakan supir angkutan yang menuju aikmel dan alhamdulilah bapaknya kebetulan mau balik ke rumahnya yang berada di daerah lombok timur yang sekalian lewat ke aikmel untuk biaya ongkosnya 40rb karena sudah malam kalau pagi ya sekitar 15rb-20rb katanya.sesampainya di aikmel kita pun numpang istirahat di rumah warga karena kita datang larut malam jam 12 dan aikmel menuju sembalun angkutan mulai dari jam 6 pagi dengan biaya ongkos 15rb.perjalan dilanjutkan pagi dengan angkutan aikmel-sembalun dengan mobil angkutan sayur L300 lama perjalanan setengah jam, sesampainya di daerah sembalun kita akan disuguhin pegunungan yang panjang dan di tengahnya ada perkampungan.
Kondisi Kendaran Sayur
Pegunungan Di Daerah Sembalun
Jalan Menuju Sembalun
    setibanya di sembalun kita terlebih dahulu lapor ke taman nasional gunung rinjani biaya karcis masuk dikenai biaya 10rb dan mendapat semacam souvernir dari tngr. setelah dari situ pendakian pun dimulai kita berangkat jam 10 menuju pos 1 sampe jam 11.37 dengan ketinggian 1156
Pos 1
saya pun langsung melanjutkan perjalanan menuju pos2 di mulai jam 11.40 sampe pos2  01.32 selama di perjalanan saya disuguhi savana yang luas dan bukit-bukit yang banyak,di pos 2 jg ada sumber mata air tapi kadang tidak ada.
Savana yang mengiringi jalur rinjani
Pos 2
saya pun istirahat di pos 2 selama 10 menit. dilanjutkan ke pos 3 jam 01.45-sampe pos 3 jam  04.15, saya pun nge camp dulu di pos 3, dan alhamdulilahnya kita bertemu orang lombok di pos 3 ini namanya bang janual,bang roni serta bang yon dari jogja,kita pun bertawa ria ditemani segelas susu hangat serta ngobrol2 tentang gunung rinjani ini. dilanjutkan esok harinya.
Tempat Nge Camp Pos 3
waktu pun menunjukkan jam 05.00 kami pun bergegas untuk ke sembalun pelawangan.kita start jam 05.10 khusus jalur pos 3 sampai pelawangan ada nama jalurnya yaitu jalur penderitaan kata orang-orang karena jalur ini merupakan bukit dan di bukit itu ada bukit lagi yah capek lah lumayan,hahahah, yang sebelumnya pendakian hanya 2 orang kita jadi rame2 hahaha sambil ketawa2 dan saling menyemangati,wkwkwkwk setibanya di pelawangan jam 12an
Sembalun-Pelawangan
Bersama Temen-Temen Baru Di Lombok
Dari Pelawangan Sudah Terlihat Segara Anakan
setelah sampe pelawangan kita pun nge camp, tempat nge camp di pelawangan sangat rame ternyata banyak orang bule-bule dan untuk masalah air disini banyak. enaknya tempat camp disini dan saya pun dapet sunset dengan pemandangan segara anakan.
Pelawangan
Bersama Temen-Temen
Foto Bareng Bule
Sunset Di Pelawangan
Foto Milky Way Dapat Juga

saya pun mulai muncak jam 03.00 pagi, perjalanan mun di mulai jalur menuju puncak sebagian tanah dan batuan-batuan serta pinggirnya jurang, lumayan berat mendakinya karena jalurnya panjang dan bagian yang mau ke puncak kemiringanya lumayan nanjak. tetapi karena bawa enjoy saya pun semangat,alhamdulilah sesampenya di puncak itu sekitar jam 05.30 sunrise diatas sangat ajib terlihat gunung agung serta gunung tambora.
Puncak Rinjani 3726 Mdpl
Jalur Menuju Puncak
Bersama Kawan-Kawan Lombok Serta Jogja Yang Tidak Akan Saya Lupakan
 Sekian cerita perjalanan ini semoga bermanfaat, terimakasih kepada allah swt atas kehendaknya saya bisa sampe puncak rinjani serta temen-temen baru bang janual,roni,yon  ini tidak akan terlupakan karena pengalaman yang mengasyikan. Tunggu Perjalanan selanjutnya teman-teman.