Senin, 25 Februari 2013

Gunung Kerinci 3805 mdpl

Gunung Kerinci atau sering dikenal atap sumatra ini berada di provinsi jambi.Gunung Kerinci memiliki ketinggian 3.805 Mdpl. Merupakan gunung tertinggi di pulau Sumatera sekaligus tertinggi pertama di Indonesia di luar Cartenz Pyramid di Papua. Berada di gugusan pegunungan bukit barisan dan masuk dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.
Perjalanan untuk menggapai atap sumatera ini berawal dari schedule.saya pun bergegas segera karena sebenarnya akupun ingin melakukan pendakian ke Kerinci. Impian tuk menggapai atap Sumatera pun mulai terbayang nyata saat waktu itu. Setelah mengatur schedule kuliah, budget, dan lain-lain, akhirnya tanggal 20 januari 2013 kami bertolak ke Kerinci.

perjalanan dimulai dari semarang yang akan di lanjutkan ke jakarta ke bandara soekarno hatta, sekitar jam 06.00 maghrib berangkat menggunakan kereta tawang jaya,perjalan memerlukan waktu 8 jam ke jatinegara jakarta itu pun lama huft capekkk,hehehehe dan setelah itu berlama-lama di kereta saya pun sampai sekitar jam 4 subuh,karena penerbangan tgl 23 saya pun menginap 1hari dulu di rumah temen di jakarta, sekalian main2 dulu ke jakarta atau nongkrong wkwkwkwkw. pas tanggal 23 januari subuh saya pun bergegas menuju bandara soekarno hatta karena penerbangan jam 05.30 dan lama penerbangan 2 jam.
saat di bandara
dikereta tawang jaya
              alhamdulilah sampe di bandara jambi sekitar jam 08.00, setelah dari bandara jambi akan dilanjutkan ke sungai penuh dengan menggunakan travel safa marwah dengan ongkos 100rb dengan lama perjalanan 8 jam WouW lama banget maklum soalnya jalannya hutan dan sempit dan itu pun kita berangkat jam 7 malam sampe sungai penuh pagi jam 6.pagi lama perjalanan sangat lama dan akhirnya sampe dech di sungai penuh,dari situ dilanjutkan menuju kayu aro dengan menggunakan angkot dari alun-alun sungai penuh dengan ongkos 10rb lama perjalanan 1 jam, selama perjalan di suguhin hamparan kebun teh yang sangat luas katanya sih kebun teh di kayu aro terluas di asia. nah lamanya perjalan 1 jam akhirnya nyampe jg sampe tugu macan sekitar jam 8. dari situ naik kendaran sewa sampe pintu rimba atau ojek biayanya 10rb soalnya dari tugu macan lumayan jauh.
Bandara Jambi

Tugu Macan

pendakian pun dimulai dari pintu rimba, eh ketemu temen yang mau daki jg jadi alhamdulilah ngak sendirian naiknya,hahahhaha pendakian di mulai jam 9 an menuju pos 1 sekitar 1jam
pos 1

pendakian langsung di lanjutkan dari pos1 ke pos2 sekitar 1jam standar lah. waktu jam.menunjukkan 09.35
setelah sampe pos 2 dilanjutkan ke shelter 1 lumayan lama jg 1jam dengan kondisi treck yg sulit dan harus hati-hati. waktu jam menunjukkan jam 10.26
Kondisi Jalur Pendakian

sampe shelter 1 di lanjutkan ke sheltel 2,disini kita istirahat dulu 15 menit. waktu jam menunjukkan12.15
sholat dulu di shelter 1

tiba di shelter 2 jam 02.50 dengan jalur yg makin sulit dan sempit, saran aja mending nge camp di shelter 2 aja angin tidak terlalu besar dan aman serta ngak terlaru berat bawa cerrier karena jalurnya sempit beda dengan di shelter 3 angin besar,
Jalur Pendakian Shelter 2 Ke Shelter 3

alhamdulilah akhirnya sampe di shelter 3 jam 04.20, di shelter 3 merupakan tempat nge camp yang lumayan viewnya, kita pun mendirinkan tenda di shelter 3. bercengkrama disini di temani seteguk susu hangat dengan pemandangan lampu dikota sungai penuh. saya pun tidur jam 11 karena besok subuh lanjut untuk mendapatkan sunrise di puncak.
shelter 3 photo by; haekal siregar
pendakian pun berlanjut di pagi hari jam 04.30 dengan udara yang sangat dingin sekali, jalur menuju atas sangat miring dan pinggiran jurang serta jalur batuan, sesampai tugu yudha jam 05.30 kita dapat sunrise disini sangat indah sekali kita bisa lihat gunung dompu serta danau gunung tujuh
sun rise dari tugu yudha
danau gunung tujuh
pendakian dilanjutkan dari tugu yudha sampe puncak jalur lebih miring lagi di sini, dengan batuan-batuan besar serta belerang yang sangat menyengat, disarankan bawa masker dengan diberikan air pada bagian masker gunanya masker yang di beri air agar ter filter,soalnya setelah saya coba tidak memakai masker,baru mencium sedikit udah hampir mau pingsan jadi diharapkan penting untuk bawa masker.dan akhirnya sampe di puncak jam 06.15 alhamdulilah ya alllah telah sampe puncak gunung kerinci ini.
Tugu Yudha Mau Ke Puncak
Puncak Gunung Kerinci 3805 Mdpl
Jalur Ke Puncak

Kawah Gunung Kerinci
Sekian perjalanan saya,terima kasih ya Allah karena izin Mu  kami bisa menggapai atap Sumatera. Terima kasih juga untuk orang tua kami dan teman-teman yang saya baru kenal juga untuk rekan-rekan seperjuangan, terima kasih tanpa kalian semua saya mungkin tak akan bisa sampai di Puncak Kerinci. selain itu semoga bisa untuk mengeksplor daerah lain dan tunggu perjalanan saya selajutnya dan mungkin temen-temen bisa gabung ke trip saya,ayooooo..